Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag.- Arti puasa menurut bahasa adalah menahan. Menurut syariat islam puasa adalah suatu bentuk aktifitas ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari / fajar / subuh hingga matahari terbenam / maghrib dengan berniat terlebih dahulu sebelumnya.

Puasa memiliki fungsi dan manfaat untuk membuat kita menjadi tahan terhadap hawa nafsu, sabar, disiplin, jujur, peduli dengan fakir miskin, selalu bersyukur kepada Allah SWT dan juga untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Lalu bagaimana agar saat berpuasa penyakit maag tidak kambung, khususnya bagi yang mempunyai penyakit maag?

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Berikut ada beberapa tips cara berpuasa bagin penderita maag.

1. Wajib makan sahur
Untuk mencegah lambung dalam keadaan kosong, penderita maag yang berpuasa harus makan sahur. Makan sahur berguna untuk mempertahankan tingkat keasaman lambung dalam batas normal. Untuk yang mengonsumsi obat maag, jangan lupa untuk meminumnya ketika makan sahur.

2. Segera berbuka
Ketika datang saat berbuka, penderita maag yang puasa harus segera membatalkan puasanya. Santap minuman hangat dan manis, kemudian makan makanan ringan yang manis seperti kurma. Makanan yang manis akan mudah diserap tubuh sehingga tidak membuat asam lambung naik.

3. Makan secukupnya
Hal ini bermaksud agar dinding lambung berkontraksi dengan rileks, dan menghindari peregangan dinding lambung yang berlebihan.

4. Jangan tidur setelah sahur
Tidur setelah makan akan membuat sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas meningkat. Hal ini akan membuat pencernaan berjalan lebh lambat sehingga Anda akan merasa lapar ketika bangun.

5. Hindari stress
Stress dapat memacu metabolisme sehingga meningkatkan asam lambung yang menyebabkan kerusakan dinding lambung. Ketika puasa, hindari stress dengan banyak beribadah.

6. Minum obat teratur
Ketika puasa jadwal minum obat juga ikut berubah. Minumlah obat saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Sebaiknya konsumsilah obat maag yang tidak mengganggu fungsi ginjal.

Itulah Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag yang bisa Anda coba. Semoga dengan adanya tips dari kami ini puasa Anda lancar dan terhidar dari maag agar tidak kambuh.

Baca juga : Cara Mengobati Maag Sampai Sembuh Total

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

0 Response to "Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag"

Posting Komentar